SUNAT / KHITAN BAYI

Khitan Bayi, Metode Serta Manfaatnya Untuk Si Kecil

Sebagian orang tua ragu melakukan khitan pada bayi. Padahal, khitan bayi ternyata aman dan memberikan banyak manfaat secara medis, lho.

Khitan bayi adalah proses pengangkatan kulup atau kulit pada kepala penis yang dilakukan oleh dokter sunat yang bersertifikat. Khitan atau sunat bayi dapat dilakukan pada usia berapapun. Bahkan khitan bayi baru lahir disarankan dan aman secara medis.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengenal khitan bayi lebih dalam, mari simak penjelasannya di dalam artikel ini. Akan dijelaskan mengenai metode khitan untuk bayi, manfaatnya, serta bagaimana merawat luka khitan bayi dengan benar.

Metode Khitan Untuk Bayi

Nah, salah satu hal penting dalam mengkhitan bayi adalah metodenya. Banyak yang menyangka metode khitan untuk bayi akan menyakiti si kecil. Benarkah? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Ternyata, metode khitan untuk bayi tidak menyebabkan si kecil mengalami kesakitan hebat atau trauma. Bahkan pendarahan yang terjadi juga sangat sedikit dan luka lebih cepat sembuh.

Metode sunat untuk bayi yang paling disarankan adalah klamp atau klem. Metode ini dapat dijalankan lebih cepat dan tidak mengakibatkan banyak pendarahan. Alat klamp pun memiliki beberapa ukuran sesuai usia dan ukuran penis.

Tabung klamp akan dimasukkan pada kulup bayi lalu dijepit dengan menggunakan pengunci. Tentunya setelah si kecil diberi anestesi lokal, ya. Nah, anestesinya juga tidak menggunakan jarum suntik sehingga bayi lebih nyaman.

Metode seperti ini dilakukan di sebagian besar klinik sunat dan rumah sakit, salah satunya adalah klinik Sunat Khitan Pekanbaru yang memang berpengalaman dalam menjalankan sunat bayi di Pekanbaru.

Manfaat Khitan Bayi

Walaupun di Indonesia sunat atau khitan lebih banyak dilakukan dengan alasan agama dan adat, sebenarnya sunat bayi secara medis juga memberikan banyak manfaat. Khitan atau sunat akan mencegah si kecil mengalami berbagai gangguan kesehatan di masa dewasanya nanti.

Manfaat khitan bayi yang utama adalah membersihkan penis dan mencegah terjadinya risiko infeksi. Penis yang tidak dikhitan akan mengalami penumpukan kotoran pada bagian kepalanya. Kotoran ini dapat menyebabkan bau serta sumber berbagai penyakit. Misalnya infeksi saluran kemih dan fimosis.

Manfaat berikutnya adalah menurunkan risiko terkena kanker penis dan kanker prostat. Karena penis yang disunat akan lebih mudah dibersihkan dan lebih lancar mengeluarkan air seni serta sperma.

Khitan pada bayi juga akan mencegah si kecil terkena penyakit seksual menular di masa dewasanya. Tentunya harus diiringi oleh perilaku seks yang aman dan sesuai syariat, ya.

Kapan Bayi Dapat Dikhitan?

Di Indonesia, khitan bayi umumnya dilakukan saat si kecil mendekati usia 1 tahun. Sebenarnya, bayi dapat disunat sejak baru lahir. Selama kondisi bayi sehat, tidak prematur, serta tidak mengalami penyakit atau komplikasi apapun, sunat pada bayi baru lahir relatif aman dilakukan.

Namun jika bayi mengalami kelainan genetik, penyakit atau komplikasi, sunat bayi dapat ditunda untuk dipertimbangkan kembali risikonya.  Jangan lupa bahwa khitan pada bayi baru lahir maupun yang berusia lebih besar harus dilakukan oleh dokter sunat yang profesional.

Dalam Islam, sunat dapat dilakukan saat bayi berusia 7 hari dan 40 hari. Ternyata menurut medis pun demikian. Integral Medical Centre, London menyarankan bayi disunat pada usia 1-7 hari. Alasannya adalah di usia itu pendarahan yang terjadi akan sangat sedikit.

Selain itu, pertumbuhan sel-sel baru pada bayi sangatlah pesat, sehingga luka sunat akan lebih cepat sembuh dibandingkan jika si kecil dikhitan pada usia yang lebih besar.

Lantas, apakah bayi tidak kesakitan saat disunat?

Dengan metode khitan modern yang benar dan dilakukan oleh dokter sunat berpengalaman, si kecil tidak akan merasakan sakit yang berat. Di usia ini, risiko trauma pun sangat kecil dan tidak akan berpengaruh ke depannya.

Jadi, sunat pada bayi jauh lebih aman dan memberi banyak manfaat dibandingkan menyunat anak di usia lebih besar. Atau menjelang usia balighnya.

Perawatan Luka Khitan Pada Bayi

Nah, kini apakah Anda telah siap mengkhitan si buah hati? Jika ya, mari kita pelajari juga bagaimana merawat luka khitan pada bayi.

Pada dasarnya, merawat luka khitan pada bayi tidak jauh berbeda dengan anak yang lebih besar. Jagalah agar luka khitan tetap kering. Bersihkan dengan seksama area selangkangan dan bokong si kecil terutama saat berganti popok.

Beberapa dokter menginstruksikan untuk membalut kembali luka sunat yang perbannya terlepas, tetapi ada juga yang tidak. Konsultasikan hal ini pada dokter sunat anak Anda, ya. Jangan lupa untuk lebih berhati-hati saat memandikan bayi agar luka sunatnya tidak basah atau tersenggol.

Pada umumnya luka khitan pada bayi akan sembuh dalam waktu 2-7 hari dan setelahnya bayi dapat beraktivitas seperti biasa. Jika bayi demam, rewel, atau luka mengalami bengkak dan berair, segera bawa si kecil kembali ke dokter. Namun kondisi tersebut sangat jarang terjadi.

Khitan Bayi Pekanbaru

Kabar gembira bagi para orang tua yang sedang mencari tempat untuk khitan bayi Pekanbaru. Karena klinik Sunat Khitan Pekanbaru dapat membantu Anda.

Sunat Khitan Pekanbaru adalah klinik khitan yang berlokasi di Jl. Taman Karya No. 90.in Panam dan telah berpengalaman selama 21 tahun. Termasuk menjalankan khitan bayi di bawah 1 tahun.

Di klinik ini, khitan bayi dilakukan secara profesional oleh dokter yang berpengalaman dan bersertifikasi khusus. Orang tua juga bisa membuat janji temu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkhitan anak.

Kabar baik lainnya adalah, di Sunat Khitan Pekanbaru si kecil tidak akan dibius dengan metode suntik. Khitan akan dilakukan dengan metode modern yang aman dan nyaman bagi bayi. Luka akan lebih cepat sembuh dan si kecil akan lebih sehat.

Selain khitan bayi, Sunat Khitan Pekanbaru juga melayani khitan dewasa, khitan untuk anak gemuk, khitan anak berkebutuhan khusus, dll.  Metode khitan juga dapat dipilih oleh pasien dan orang tua, apakah ingin metode cauter, klamp, laser, lem, dll.

Nah, jadi tidak perlu ragu lagi bukan untuk menjalankan khitan bayi pada buah hati? Yuk hubungi kontak Sunat Khitan Pekanbaru untuk konsultasi atau membuat janji temu.

Anda juga dapat melihat testimonial dan postingan edukasi seputar khitan bayi dan metode khitan lainnya di Instagram @sunat_tanpa_suntik.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUNAT TANPA SUNTIK

Dokter khitan pekanbaru

KHITAN BAYI