SUNAT ANAK GEMUK


4 Fakta dan 5 Tips Khitan Khusus Anak Gemuk, Tanpa Diet, Suntik, dan Terapi Hormon

Khitan anak gemuk bukan lagi masalah. Seiring perkembangan teknik bedah, kini anak bertubuh gemuk bisa dikhitan tanpa harus terapi hormon atau diet ketat.


Khitan anak gemuk seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi dokter dan orang tua si anak. Hal ini dikarenakan kondisi penis anak gemuk tertutup oleh lemak pada perut dan pubis.

Namun, kini khitan pada anak gemuk bisa dilakukan dengan lebih mudah, bahkan tanpa harus terapi hormon dan diet ketat. Bahkan lamanya prosedur serta biaya yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan jenis khitan lainnya.

Lalu, bagaimana prosedur serta teknik khitan untuk anak-anak yang memiliki tubuh gemuk? Mari simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Khitan?

Khitan atau sunat adalah prosedur pengangkatan kulup atau kulit yang berada di kepala penis. Menurut kitab Tuhfatul Muhtaj, khitan sunnah dilakukan pada umur 7 hari, 40 hari, dan 7 tahun. Sedangkan batasnya adalah saat anak telah baligh atau berusia 15 tahun qomariah.

Dalam agama Islam, khitan adalah kewajiban yang harus dilakukan pada setiap laki-laki yang telah baligh. Sementara dalam kesehatan, khitan atau sunat juga memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah membersihkan penis dari kotoran yang menumpuk dan mencegah terjadinya infeksi.

4 Fakta Khitan Anak Gemuk

Nah, karena khitan atau sunat adalah salah satu kewajiban dalam Islam serta memiliki banyak manfaat, maka setiap anak harus menjalaninya. Termasuk anak yang bertubuh gemuk.

Masalahnya, anak gemuk memiliki beberapa kondisi yang menyulitkan proses khitan. Salah satunya adalah buried penis, dimana penis si anak tidak terlihat karena tertutup lemak perut bawah dan daerah pubisnya.

Lalu, bagaimana prosedur sunat atau khitan anak gemuk? Mari simak 5 faktanya berikut ini.

Khitan Anak Gemuk Memerlukan Teknik Khusus

Seperti dikatakan di atas, masalah utama khitan anak gemuk adalah kepala penis yang terbenam karena tumpukan lemak di perut dan pubis. Nah, untuk mengatasinya dokter khitan melakukan beberapa teknik khusus.

Teknik pertama adalah menekan kulit di sekitar penis, sehingga kepala penis anak dapat terlihat dan dapat disunat dengan mudah. Namun, teknik ini akan menimbulkan sedikit rasa sakit sehingga amat jarang dilakukan.

Anak yang kesakitan tentu akan memberontak dan dapat berisiko fatal. Bisa-bisa terjadi pendarahan, luka, atau anak akan trauma.

Teknik kedua adalah dengan menekan sedikit bagian bawah perut sehingga penis lebih terlihat jelas dan mudah dikhitan. Dokter terkadang memerlukan bantuan asisten untuk melakukan teknik ini.

Nah, teknik khitan untuk anak gemuk berikutnya terkait dengan metode khitan atau sunat yang dipilih. Sebagian besar dokter bedah menyarankan teknik electric cauter atau konvensional. Pemilihan jarum dan teknik menjahit luka pun lebih rapat dan tidak terputus-putus.

Terapi Hormon dan Diet Ketat

Dulu, dokter akan menyarankan agar anak menjalani terapi hormon testosteron sebelum disunat. Pemberian hormon ini bertujuan agar penis tumbuh lebih panjang sehingga mudah dikhitan.

Namun, tentu saja terapi hormon memiliki efek samping. Anak akan mengalami pubertas dini, serta berisiko berefek pada psikisnya.

Saran lainnya adalah menjalani diet ketat agar anak lebih kurus. Nah, masalahnya diet seperti ini memerlukan waktu yang panjang. Belum lagi konsultasi dan terapi berkelanjutan dengan dokter ahli. Lantas, jika anak tidak kunjung kurus, apa tidak jadi disunat? Nah loh.

Harus Dilakukan oleh Dokter Khitan Profesional

Khitan anak gemuk harus dilakukan oleh dokter ahli yang profesional. Dokter sunat berpengalaman akan lebih terampil dalam mengatasi hal ini dan meminimalisir resiko pasca khitan.

Dokter yang profesional juga tidak akan menyarankan terapi hormon untuk anak atau meminta anak menjalani diet ketat.

Risiko Jika Khitan Dilakukan Sembarangan

Khitan anak gemuk, seperti juga prosedur medis lainnya, memiliki risiko jika dilakukan sembarangan atau dengan petugas yang tidak ahli. Salah satunya adalah risiko tertutupnya kembali kepala penis.

Risiko ini terjadi jika kulit yang dihilangkan terlalu sedikit, sehingga di kemudian hari kulup akan menutup kembali kepala penis. Jika hal ini terjadi, anak harus menjalani reparasi sunat.

5 Tips Khitan Untuk Anak Gemuk

Nah, setelah mengenali fakta khitan pada anak gemuk, tentu orang tua akan bertanya-tanya. Mungkinkah khitan pada anak dengan tubuh gemuk dapat dilakukan dengan mudah?

Jawabannya, tentu saja. Tingkat kesulitannya memang lebih tinggi, tetapi prosesnya dapat dijalankan dengan meminimalisir risiko dan tantangannya. Simak tipsnya berikut ini.

Jaga Kebersihan Fisik Anak

Anak bertubuh gemuk umumnya lebih mudah berkeringat sehingga bagian selangkangan lebih mudah kotor. Maka, sebelum berkhitan rajin-rajinlah membersihkan tubuh anak terutama di lipatan-lipatan kulit.

Edukasi Anak Agar Lebih Siap Secara Psikis

Pastikan anak memang ingin disunat karena keinginannya sendiri, bukan paksaan. Jika karena paksaan, dikhawatirkan akan akan memberontak saat proses sunat dimulai sehingga dokter kesulitan menanganinya.

Jaga Kondisi Luka Pasca Khitan

Untuk perawatan pasca khitan, usahakan luka tidak basah. Maka sering-seringlah mengelap keringat di bagian selangkangan anak. Keringkan luka dan ganti perbannya setiap hari agar terhindar dari infeksi.

Sebaiknya tidak membersihkan luka dengan sabun. Dokter umumnya memberikan semprotan antiseptik khusus yang dapat digunakan untuk membersihkan luka khitan.

Jaga Pola Makan Anak

Bukan diet ketat, ya. Tetapi atur pola makan anak karena luka sedang dalam proses penyembuhan. Agar cepat pulih, seimbangkan pola makan. Anak membutuhkan asupan tinggi protein dan rendah lemak.

Beberapa makanan yang berisiko membuat luka gatal juga bisa dihindari, misalnya telur atau makanan alergen bagi si kecil.

Pilih Klinik Khitan Dan Dokter Yang Profesional

Nah, ini adalah yang paling penting. Sebelum khitan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter khitan yang profesional. Bisa di rumah sakit, atau di klinik khitan yang berpengalaman seperti di Klinik Sunat Khitan Pekanbaru.

Di salah satu klinik khitan Pekanbaru terbaik ini , orang tua dan anak bisa berkonsultasi dulu dengan dokter ahli yang akan menangani proses khitan, sebelum memutuskan tanggal berkhitan.

Khitan Anak Gemuk Pekanbaru, Minim Risiko dan Ditangani Oleh Profesional!

Kini, khitan anak gemuk juga dapat dilakukan dengan aman di klinik Sunat Khitan Pekanbaru. Klinik khitan ini dapat menjalankan prosedur khitan yang aman, sesuai sunnah, profesional, dan sesuai standar kesehatan di Indonesia.


Sunat Khitan Pekanbaru juga melayani metode khitan modern seperti metode klamp, laser, dan sunat lem. Tidak hanya itu, klinik khitan yang beralamat di Jl. Taman Karya ini juga melayani sunat untuk bayi dan orang dewasa.

Kabar gembira lainnya, di klinik ini pembiusan tidak dilakukan melalui jarum suntik, melainkan dioleskan.

Nah, jadi untuk Anda yang sedang mencari klinik khitan anak gemuk di Pekanbaru dan sekitarnya, segera hubungi kontak Sunat Khitan Pekanbaru.

Sunat Khitan Pekanbaru buka setiap hari kerja hingga pukul 21.00 WIB. Calon pasien bisa membuat janji temu melalui nomor WhatsApp atau DM di Instagram @sunat_tanpa_suntik.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUNAT TANPA SUNTIK

Dokter khitan pekanbaru

KHITAN BAYI